Google Find us on Google+ Valentine Menurut Islam | smbc pekalongan

TRAVEL UMROH SMBC 2013

Rabu, 13 Februari 2013

Valentine Menurut Islam


Assalamualaikum.wr.wb
Pada  postingan kali ini saya mau berbagi informasi tentang pandangan islam terhadap hari valentine. Di dalam agama islam memang mengajarkan kepada umatnya untuk saling mengasihi akan tetapi islam tidak pernah mengajarkan 
Kepada umatnya untuk merayakan hari valentine dan hukumnya adalah haram.

Valentine Menurut Pandangan Islam

Pada Tanggal 14 Februari setiap tahunnya merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak remaja, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sebab hari itu banyak dipercaya orang sebagai hari untuk mengungkapkan rasa kasih sayang.

Hari valentine menurut literatur ilmiyah menunjukkan bahwa perayaan itu bagian dari agama nasrani. Bahkan kalau mau dirunut kebelakang, sejarahnya berasal dari upacara ritual agama romawi kuno. Paus gelasius I pada tahun 496 memasukkan upacara ritual romawi kuno ke dalam agama nasrani, sehingga sejak tahun itu agama nasrani memiliki hari raya baru yaitu Valentine’s day.

Keterangan seperti ini bukan keterangan yang mengada-ada, sebab rujukannya bersumber dari kalangan barat sendiri. Dan keterangan ini menjelaskan kepada kita, bahwa perayaan hari valentine itu berasal dari ritual agama Nasrani secara resmi. Dan sumber utamanya berasal dari ritual Romawi kuno.

Sementara di dalam tatanan aqidah Islam, seorang umat muslim diharamkan ikut merayakan hari valentine atau hari raya agama lain.
Katakanlah, “Hai orang-orang kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang Aku sembah. Dan Aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang Aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.” (QS. Al-Kafirun: 1-6)

Kalau dibanding dengan perayaan natal, sebenarnya nyaris tidak ada bedanya. Natal dan Valentine sama-sama sebuah ritual agama milik umat Kristiani. Sehingga seharusnya pihak MUI pun mengharamkan perayaan Valentine ini sebagaimana haramnya pelaksanaan Natal bersama.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang haramnya umat Islam ikut menghadiri perayaan Natal masih jelas dan tetap berlaku hingga kini. Maka seharusnya juga ada fatwa yang mengharamkan perayaan valentine khusus buat umat Islam.
Mengingat bahwa masalah ini bukan semata-mata budya melainkan terkait dengan masalah aqidah, di dalam ajaran islam diharamkan merayakan ritual agama dan hari besar agama lain.

Semoga artikel tentang pandangan islam terhadap valentine di atas bisa membuat kita sadar akan banyaknya kekeliruan di dalam merayakan hari raya valentine. Dan ingatlah hari valentine itu sangat diharamkan bagi umat islam !

Sekian dulu postingan dari saya, sampai jumpah dan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEO Design by Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia, converted from Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia